Cara Merawat Tas Atau Dompet Kulit - Galeri Aksesoris Kulit

Cara Merawat Tas Atau Dompet Kulit

2 minggu yang lalu      Tips-tips

Cara merawat bahan kulit tentu berbeda dari cara merawat kulit manusia. Sebagian besar di antara kita paham bahwa bahan kulit tahan lama. Tetapi, ini bukan berarti bahan kulit tidak perlu dirawat dan dibersihkan. Baik tampak maupun tidak, noda, bercak, lapisan debu, dan kotoran sehari-hari tetap saja mungkin menempel di barang-barang berbahan kulit. Mengingat karakteristik bahan kulit, menggunakan metode perawatan yang sama dengan cara membersihkan kain tentu akan merusaknya. Ketika menangani bahan kulit, selalu tes produk pembersih yang akan digunakan di area kecil dan tidak terlalu terlihat serta ikuti petunjuk pemakaiannya. Berikut ini beberapa tips cara merawat kulit agar barang-barang berbahan kulit Anda tetap terlihat seperti baru.

Cara Merawat Tas Atau Dompet Kulit

Tas dan dompet kulit mudah terkena noda karena sering dibawa ke luar rumah dan diletakkan di lantai. Kebanyakan orang menggunakan sabun atau detergen biasa untuk menghilangkan noda pada bahan kulit, tetapi ini bukan cara yang cocok. Residu sabun biasa dapat menutup pori-porinya sehingga menyebabkan bagian yang dicuci menjadi kering dan pecah-pecah. Anda dapat mengikuti tips praktis di bawah ini mengenai cara merawat tas atau dompet kulit. Sebelumnya, baca label perawatan tas dan dompet kulit Anda agar tidak terjadi salah penanganan.

  • Campur air bersih atau air mineral dan sabun berbahan lembut, seperti sabun cuci muka atau detergen untuk pakaian halus, dengan perbandingan 8:1. Tuangkan campuran tersebut ke dalam botol semprot.
  • Semprotkan pada kain atau spons bersih—akan lebih baik lagi kalau Anda menggunakan kain mikrofiber. Hindari menyemprotkannya langsung pada noda karena bisa membuat areanya terlalu basah.
  • Lap nodanya secara perlahan-lahan searah alur serat bahan kulitnya. Hindari menabraknya!
  • Setelah nodanya hilang, biarkan tas atau dompet mengering secara alami, jauh dari paparan langsung sinar matahari.
  • Setelah kering, poles memakai pelembap bahan kulit untuk melindunginya.

Cara membersihkan bahan kulit menggunakan uap
Anda bisa membersihkan bahan kulit dengan uap air panas tanpa risiko merusak bahannya. Banyak produk-produk alat uap untuk perabot rumah tangga tersedia di pasaran. Ikuti petunjuk pemakaiannya pada bahan kulit. Walaupun teknik ini baik untuk membunuh kuman, Anda masih harus melakukan langkah-langkah tambahan untuk menghilangkan nodanya karena proses penguapan tidak menembus sampai ke serat bahan kulit. Membersihkan bahan kulit menggunakan uap terutama disarankan untuk sofa yang lebih sering menjadi sarang kuman. Penguapan secara rutin dapat menjaga rumah tetap higienis.

Tips merawat kulit dengan bahan alami
Beberapa bahan dapur efektif dan juga aman untuk membersihkan bahan kulit, tetapi coba terlebih dulu bahan-bahan dapur tersebut di area kecil yang tersembunyi. Perasan jeruk lemon baik untuk mengangkat noda, sedangkan cuka bisa dipakai untuk menjaga bahan kulit tetap terlihat prima. Minyak alami, seperti minyak zaitun dan minyak kelapa, juga bagus untuk membantu mempertahankan kilau dan kelembapan bahan kulit.




Komentar Artikel "Cara Merawat Tas Atau Dompet Kulit"